INTI PADMA

Icon INTI PADMA
SANGGAR
SATTVIKA MEDITASI

Entri Populer

CONTACT

Telepon Call
TELEPHONE & SMS
Hp : 0857-2877-5740 ( m3 ) Hp : 0852-0042-3557 ( AS )

Blackberry Toko Online
BLACKBERRY
7D603818

Icon WhatsApp
WhatsApp
No: 0857-2877-5740

DONASI


a/n Ahmad sodik
No: 422-100-320-3267

Anda pengunjung ke

Translate

Minggu

BAB ISTIKHDAMAT

  ( MEMINTA BANTUAN KHODAM )



1a. Fatihah ( pembukaan )

Ini sebetulnya mngulang" saja apa yg sdh pernh sy share ttg khodam, pemahaman pd bab ini akan mnjdikan kita lbh mantap dlm latihan" baik dlm meditasi dzikir , olah nafas juga lewat ltihan jurus" pernafasn TD krn tdk di bayang"i oleh kesalahan persepsi ttg khodam yg sedikit bnyak dpt mbuat kita khawatir, sbb pd umumnya persepsi ttg khodam ini kbnyakan para praktisi kundalini, reiki, gtummo dll yg mrpkn ilmu impor adlh negatif Lbh ironis lg bila ternyata mrk yg bicara miring ttg khodam adalh ternyata tdk tahu arti kata khodam



Ini sebetulnya berkaitan dg bhs iklan agar produknya laku, scr perlhn dpt menggusur produk dlm negeri , dan hal ini sdh kadung mewabah sehingga rata" pr praktisi meditasi, ruqyah, dll telah scr umum memandang sebelah mata terhadap kt " khodam, walaupun mrk scr umum masih asal ikut"an pr seniornya tmpa alasan yg jelas.

Mau semedi takut kena khodam, mau olah nafas takut kemasukan khodam, mau ltihan jurus pernafasn takut infiltrasi khodam, bahkan mau wirid sampai" khawatir di ikuti khodam, Ini kan pembunuhan terhdp karakter budaya dan aqidah scr perlahan, hingga ahirnya praktisi meditasi yg muslim benar" semakin jauh dr Dzikrullah, tdk senang dg praktik wirid dan ahirnya gampang terpedaya oleh setan" dr bagsa jin maupun manusia, terombang ambing dlm konsep tak berdalil hingga benar" lupa dg jati dirinya sbg bangsa yang beragama.

1b. Pengertian

Khodam berasal dr kata khuddam, bentuk jama' dr kt khodim ( u lk" & khodimat ( untuk perempuan )Arti kt khodim itu cukup banyak, sesuai dg kalimatnya, al :

- penjaga, penunggu ," siapa khodim di tempat ini ? "

- orang dekat, kepercayaan, yang setia ( loyal ), dan di kasihi : " ahmad adalh khodim dr kyai anwar "

- Santri pilihan yg diserahi tugas husus : " mrk adalah khodim khodim di majlis Rosulullah, penerus perjuangan hbb Munzir al musawa "

- Admin : " Indra Nata adlh salah satu khodim di grup ini

- Pembantu, " sopir, prt di arab saudi, mrk adalah khodim/khodimat bg tuannya "

- Penunggu, penjaga ghoib " keris, akik dan azimat, beberapa diantaranya ada khodam dr bagsa jin, siluman & ada yg juga dr bagsa malaikat "

- Arwah yg berdiam di bumi : " dlm kitab hasiyah al jamal 'ala syahril minhaj III juz V, sayyid alwi bin ahmad bin abdurrahman assegaf berkata : " termasuk bagian dari istikhdamat ( meminta bantuan khodam ) adalh meminta bantuan roh" yg berdiam di bumi ( jin ) dg melalui riyadloh ( tirakat ) & mantra" , setelah itu biasanya Allah menciptakan kejadian" yg luar biasa.

Menurut pendapat para ulama akan hal ini :

#jika pelakunya orang yg mnjga syariat, menjalankan perintah dan menjauhi larangan, mantra" yg di baca tdk bertentangan dg syariat, yg dimintai bantuan adalh roh" yg baik ( jin" muslim, yg beriman kpd Allah ) dan kejadian luar biasa tsb juga tdk mnbulkan akibat yg mmbhayakan mnurut syariat, mk yg demikian itu tdklah dsbut sihir, namun bgian dr maunah atau asror dr Allah swt.

#jika tdk memenuhi syarat diatas mk hukumnya harom

#kufur jika punya keyakinan hal itu halal menurut syariat

#mempelajari untuk tujuan membeladiri hukumnya boleh ( mubah ) dan jika tdk ada tujuan untuk itu hukumnya makruhDemikian bbrp pengertian dasar dr kt khodamMk dg ini kita juga bisa lihat bhwa paspampres adalh khodam dr presiden dan sy adalh khodim grup ini, Dan sesuai tugas & fungsinya. Kt kodim & kodam adalh penyerapan dr kt khodim/khodam dlm bhs indonesia

1c. Siapa sebenrnya khodam

sbgmn telah di jelaskan di atas bahwa Istilah “khodam” berasal dari bahasa arab yang berarti pembantu, penjaga atau pengawal yang selalu mengikuti. Namun dalam konteks ilmu spiritual, istilah “khodam” digunakan khusus untuk menyebut makhluk gaib yang mengikuti pemilik ilmu spiritual atau yang mendiami suatu benda pusaka.

Dalam konsep spiritual jawa, khodam disebut sebagai “prewangan” yang artinya adalah orang yang membantu.Khodam dalam konsep mistik islam dan jawa diyakini sebagai “jiwa” suatu ilmu. Khodam memberi energi pada pemilik ilmu sehingga mampu melakukan hal-hal diluar kewajaran. Tentu saja ada khodam yang minta imbalan ada pula yang “gratis” karena khodam ini datang karena kehendak Allah, bukan “dipaksakan” oleh manusia.

Yang dimaksud “dipaksakan” adalah khodam ini datang karena seseorang melakukan ritual pemanggilan yang ditujukan untuk meminta tolong kepada khodam dari golongan jin.

Mengenai siapakah sebernarnya khodam, para spiritualist berpendapat berbeda-beda.

Kelompok pertama mengatakan khodam adalah jenis makhluk tertentu yang khusus diciptakan Tuhan sebagai “pembawa” kekuatan bagi para pemilik ilmu dan benda pusaka. Kelompok ini tidak punya dalil yang kuat untuk mendukung pendapatnya, jadi pendapat ini boleh kita abaikan.

Kelompok kedua berpendapat bahwa khodam hanyalah sebutan atau julukan bagi Jin, Qorin dan Malaikat yang membantu manusia. Seperti istilah “setan” yang sebetulnya bukanlah jenis mahluk, melainkan hanya julukan bagi jin atau manusia yang suka berbuat kejahatan.

Dalam kitab Al-Quran pun diterangkan bahwa Tuhan hanya menciptakan hambanya yang berakal dalam tiga bentuk saja, yaitu: Malaikat, Manusia dan Jin. dari itu saya meyakini bahwa khodam adalah bagian dari mereka.

1d. Mengapa Khodam membantu manusia ?

Karena khodam terdiri dari tiga jenis makhluk yaitu Jin, Qorin dan Malaikat, maka alasan mereka bersedia membantu manusia juga berbeda-beda.

OK. agar Anda lebih paham, kami jelaskan satu per satu dibawah ini, trutama dr jin, karena dari kelompok inilah yg paling besar dampaknya.

Pelu Anda ketahui bahwa kehidupan sosial jin sama seperti manusia. Mereka terdiri dari bermacam-macam ras dan kelompok yang sangat kompleks.Setiap jin punya sifat dan kebutuhan yang berbeda-beda seperti pada manusia. Begitu pula dalam dalam membantu manusia, mereka punya alasan yang berbeda-beda.Namun secara garis besar alasan mengapa jin mau membantu manusia al :

-1. Ingin menyesatkan manusia.

Kelompok jin ini adalah tentara ilbis yang ditugaskan untuk membantu para tukang sihir dan penganut ilmu hitam.Orang yang ingin memiliki khodam jenis ini harus melakukan perbuatan atau ritual yang melanggar aturan Tuhan.Misalnya untuk medapatkan ilmu sihir mereka harus menyediakan sesaji, makan darah, membunuh, melakukan dosa besar dan sebagainya.

Jin jenis ini sangat senang jika manusia yang didampinginya jauh dari agama. Bukan hanya penganut ilmu hitam saja yang dibantu oleh jin tentara iblis ini. Para penganut thariqoh (orang yang menapaki jalan spiritual menuju Tuhan) dan orang soleh yang kurang waspada pun bisa disesatkan oleh jin golongan ini.

Awalnya jin mengaku sebagai guru spiritual yang sudah meninggal atau malaikat yang akan membimbingnya dan membantu segala usahanya. Seketika seorang ahli thariqoh pun memiliki banyak “kesaktian”. Namun perlahan-lahan jin cerdas ini memperdaya ahli thariqoh hingga dia melanggar aturan agama.

-2. Ingin mendapat keuntungan dari manusia.

Khodam Jin jenis ini selalu meminta imbalan dalam bentuk sesaji, persembahan, korban, bahkan ada yang mengadakan perjanjian, jika sudah sampai waktu yang ditentukan pemilik ilmu bersedia menjadi budak/pengikut di alam jin.Orang yang menjadi budak jin, meniggalkan jasadnya, kemudian jiwanya dibawa ke alam jin. Sehingga dia tampak mati bagi orang awam, padahal dia sebetulnya belum mati. Nanti ketika sudah sampai batas usianya, malaikat maut baru menjemputnya untuk dihadapkan kepada Tuhan.Oleh karena itu jangan pernah berniat untuk mendapatkan pesugihan atau “harta gaib” yang datang tiba-tiba dengan bantuan jin.

Keadaan ini sesuai dengan Al-Quran surah Al-Jin ayat 6, " Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan."

-3. Karena mencintai manusia.

Kadang kami menemui ada jin yang mengikuti manusia dengan alasan cinta. Cinta yang kami maksud adalah seperti cinta pria kepada wanita.Umumnya jin yang seperti ini selalu berusaha membantu manusia yang dicintainya, sekaligus mengganggu.

Bentuk bantuannya mampu berupa kemampuan mengobati, perlindungan dari kejahatan, kemampuan mengetahui rahasia orang dan sebagainya.Sedangkan gangguannya biasanya berupa: merasa diikuti seseorang, sulit mencintai, hubungan cinta selalu gagal, kesurupan/kerasukan dan sering mimpi bersetubuh. Bahkan kadang ada jin yang datang dalam wujud manusia untuk menyetubuhi manusia dalam keadaan sadar.

-4. Persahabatan.

Bagi sebagian orang yang memiliki ilmu spiritual tertentu, bersahabat dengan jin bukanlah hal mustahil. Idealnya hubungan persahabatan adalah saling membantu dan berbagi.Namun kenyataannya hubungan persahabatan dengan jin mampu menguntungkan atau merugikan Anda, bahkan kadang juga menyesatkan Anda.hal ini sama jika kita bersahabat dengan sesama manusia. Jika sahabat kita adalah orang baik, maka kita pun terbawa menjadi baik.Tapi jika kita berteman dengan penjahat, maka kita pun mampu dirugikan atau malah bergabung menjadi penjahat.

Semua itu tergantung sifat dan kepribadian Anda.

Hubungan persahabatan inilah yang menjadi dasar kita sebaiknya alam beriteraksi dg mereka. Hubungan persahabatan ini saya menyebutkan sebagai keselarasan hubungan.Sy mmg bukan ahli khodam, tp keselarasan positif dg khodam ada tersirat di Qs ali imron : 121 - 129

Keselarasan yg negatif ada tersirat di Qs Qof : 16 - 29

Sejauh mn pengaruh khodam ada tersirat di Qs.Ibrohim : 22

Selama niat wirid itu sbg bentuk ibadah / ihtiar / wasilah untuk hal" yg positif kurasa justru akan tambah baik efeknya.Silahkan di cek Ayat" tsbt di atas sbg dasar pemahaman kita suatu saat akan kita bhs lbh menalam lagi.

1e. Hukum meminta bantuan khodamberikut ini tanya jawab bersama Habib Munzir almusawa yg sy temukan di milis majelis rasulullah

+ assalamualaikum warah matulahi wabarakatuh...

saya ingin bertanya ya habibpernah sekali waktu saya membaca surat kabar atau koran disitu disebutkan tentang khodam.sebenarnya apakah khodam itu dari mana asalnya khodam tersebut dan apakah orang mukmin boleh memiliki khodam?atas semua penjelasan habib saya ucapkan terima kasih

- Wa 'alaikum salam wr.wb.saudaraku yg kumuliakan,khodam berarti pembantu, namun di indonesia kalimat itu dipakai sebagai Jin.Jin bisa membantu manusia, dan boleh boleh saja, yg tidak boleh adalah memperbudak jin, atau menyembah jin.

kalau mereka sukarela membantu atau karena berterimakasih lalu mereka mengabdi pada kita maka tak ada larangannya.Jin makan dari sisa sisa manusia berupa tulang tulang, jin ada yg muslim ada yg kafir, bahkan ada pendapat ulama yg memperbolehkan menikah dg jin, namun dg syarat2 tentunya.

+ ada beberapa hal yang ingin al faqir tanyakan.

1. Apakah yang dimaksud memperbudak Jin, dan bagaimana contohnya?

2. Al faqir pernah mendengar, selain istilah khodam (Jin), ada juga istilah khudam (malaikat). Apakah bisa malaikat diperbantukan seperti halnya Jin. Dan apakah boleh memperbantukan malaikat? Syukran Katsir.

- Jazakallahu khoiro Jaza- Saudaraku yg kumuliakan, jawaban untuk :

1. memperbudak jin sama dengan memperbudak manusia, ia dengan kekuatan jin lainnya mengambil jin jin lainnya untuk ditangkap dan dijadikan budak, atau membeli jin dari para jin pula, tentunya perbuatan ini persekutuan antara manusia dengan jin dan menjurus pada kemusyrikan.Jin itu dipaksa untuk taat pada perintahnya, tentunya dibawah paksaan jin lain yg lebih kuat, dan dukun bersekutu dengan para raja jin untuk hal seperti ini.

2. Khodam atau khudam itu sama saja wahai saudaraku, berasal dari bahasa arab yg berarti 'pembantu".malaikat tak bisa diperbudak, malaikat adalah pasukan ALlah swt yg Allah perintahkan untuk menjaga orang orang mukmin, menaungi majelis majelis dzikir, membantu para mujahidin, mendoakan orang yg masuk masjid, dll.

+ ana pernah mengikuti perguruan kebatinan bib,di situ ana diajarkan memperdalam ketauhidan, ketika ana mengamalkannya selalu badan ana ini seolah2 ada yang menggerak"kanada yang berpendapat bahwa meminta pertolongan dari jin itu syirik, berdasarkan firman Allah:"Dan bahwasannya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.." (Q.S Al-Jin : 6)

Juga firman Allah:"Dan (ingatlah) hari di waktu Allah menghimpunkan mereka semuanya, (dan Allah berfirman):"Hai golongan jin (syaitan), sesungguhnya kamu telah banyak (menyesatkan) manusia",

lalu berkatalah kawan-kawan mereka dari golongan manusia:"Ya Rabb kami, sesungguhnya sebahagian dari pada kami telah dapat kesenangan dari sebahagian (yang lain) dan kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami".

Allah berfirman:"Neraka itulah tempat diam kamu, sedang kamu kekal didalamnya, kecuali kalau Allah menghendaki (yang lain)". Sesungguhnya Rabbmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui." (Q.S Al-An'aam : 128)

Arti mengambil kesenangan sebagian mereka dari yang lain adalah bahwa manusia memuliakan jin dan jin itu membantu mereka dalam hal yang mereka inginkan, serta mendatangkan apa yang mereka minta.

Di antaranya adalah memberitahukan kepada mereka kondisi penyakit dan sebab-sebabnya yang hanya diketahui oleh jin dan tidak diketahui oleh manusia. Terkadang mereka berdusta, karena mereka memang tidak bisa dipercaya dan tidak boleh mempercayai mereka.gimana ana bingung?

- Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuhSaudaraku yang kumuliakan, berikut jawaban Habibana yang sudah ada di forum : namun berikhtilaf para ulama mengenai Jin khususnya, karena Jin adalah makhluk gaib, sulit untuk mencari kejelasan hukum syariahnya karena makhluk ini kasat mata,

Namun bagi sebagian ulama yg memperbolehkannya mereka berdalil dengan firman Allah swt ketika Sulaiman as bertanya pada ummatnya yg dihadapannya Jin, hewan, manusia dll, seraya berkata :

“Wahai kalian yg hadir dihadapanku, siapa diantara kalian yg dapat membawakan singgasana Ratubalqis kehadapanku?,maka berkata seorang Jin Ifrit : Aku akan membawakannya kehadapanku sebelum kau berdiri dari singgasanamu, sungguh aku mampu dan kuat melaksanakannya,lalu berkatalah seorang yg kami beri ilmu dari Kitabullah, aku akan membawakannya padamu sebelum kau mengedipkan matamu!, maka muncullah singgasana ratu balqis dihadapan Sulaiman, lalu ..dst” (QS Annaml 37-40)

Maka dalam pertanyaan Sulaiman ini tentunya meminta bantuan pada mereka, yg padanya terdapat Jin, Manusia, hewan dll, dan mengapa beliau yg seorang Nabi dan Rasul masih meminta bantuan pada makhluk?,ini menunjukkan meminta bantuan pada makhluk selama hal itu baik dan tak melanggar syariah merupakan hal yg mubah saja.

Kembali pada masalah Istikhdamul Jin (Penggunaan Jin untuk membantu) adalah ikhtilaf ulama, dan para salaf kita mengatakannya makruh selama bukan memperbudak jin atau menyembahnya. sebagaimana urut cimande yg juga menggunakan Jin untuk mengobati yg terkena hancur tulang, juga pengobatan lainnya selama bukan penyembahan pada jin atau bukan memperbudak jin, maka hukumnya makruh menurut ulama salaf, namun hal itu menjadi mubah bila untuk pengobatan.

1f. DALIL TENTANG ISTIKHDAM / ISTIGHOTSAH (MINTA BANTUAN KHODAM

1. Orang Islam dibantu KHODDAM MALAIKAT.

Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bersiap siaga dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, pasti ALLAH menolong kamu dengan 5000 malaikat yang memakai tanda (Surat Ali Imron ayat 125)

Boleh minta bantuan langsung kepada KHODDAM MALAIKAT DAN WALIYYULLAAH.

Nabi SAW bersabda : "Jika kamu tersesat (di jalan) atau ingin pertolongan di bumi yang tidak ada orang yang baiknya maka katakanlah : YAA 'IBAADALLAAH A-GHII-TSUUNII (Wahai para penyembah ALLAH, tolonglah aku.

Dalam riwayat lain : YAA 'IBAADALLAAH A'IINUUNII), maka sesungguhnya ALLAH itu memiliki para penyembahnya yang tidak kalian lihat"(HR. Thobroni dari 'Atabah bin Ghozwan, lihat kitab Al Ajwibah Al Gholiyah Fii 'Aqidatil Firqotin Naajiyah bab Al Istighotsah)

2. Boleh minta bantuan KHODDAM JIN MUSLIM YANG SOLEH(Tapi harus hati-hati, jangan terpengaruh permintaan syarat dari jin yang menyalahi syari'at dan akidah Islam).

ALLAH berfirman, "Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari Jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan). (Al Qur'an surat An Naml ayat 17)

3. HARAM BERLINDUNG KEPADA JIN YANG TIDAK SOLEH.

Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan. (Surat Al Jin ayat 6)

1g. Penutup

Berinteraksi dg mrk persis seperti berinteraksi dg manusiaJgn silau dg jubh, jenggot, kecakapannya dlm dalil dan hafalan alqur'an tdk lntas menjamin bhwa mrk orang" yg lurus hati dan aqidahnya.

Bisa jd tampak agamis sprti Isis tp ternyata iblis dan terorisKedepankan fikiran logis & realistis, jgn mistisbhkn sy kadang menghadapi mrk dg sy anggap ibarat teman yg lg mabuk berat, perlu di gongi, di tarik di ulur, bercanda untuk mencari celah yg pas guna mnyadarkannya dr kekufuran dg sangat hati" untuk mjg perasaannya

Kadang juga dlm suatu kondisi tertentu kita harus tegs dan keras selayaknya menegur santri" yg bandel, Situasional

Tidak boleh mendlolimi mereka sbgmn kita di haramkn juga mendlolimi sesama manusia walaupun nyata kekafirannya. Kebanyakan gangguan jin yg berat itu di sebabkan unsur balas dendam terhadap kesalahan manusia kpd bngsa mereka. Kecuali dr golongan iblis ( setan ) yg mmg sengaja dtg untuk menggoyahkn iman kita

@ Disarikan dr Materi Gtumo Intipadma

 Oleh Kyai Jamas

0 komentar:

Posting Komentar