INTI PADMA

Icon INTI PADMA
SANGGAR
SATTVIKA MEDITASI

Entri Populer

CONTACT

Telepon Call
TELEPHONE & SMS
Hp : 0857-2877-5740 ( m3 ) Hp : 0852-0042-3557 ( AS )

Blackberry Toko Online
BLACKBERRY
7D603818

Icon WhatsApp
WhatsApp
No: 0857-2877-5740

DONASI


a/n Ahmad sodik
No: 422-100-320-3267

Anda pengunjung ke

Translate

Minggu

TEKNIK GROUNDING 

(untuk menyelaraskan energi dalam tubuh)

 


Menanggapi adanya sdr kita yang mengamalkan meditasi atau olah spiritual semacam dzikir yang mengalami keluhan adanya hawa panas pada tubuh, pusing atau yang lainnya. Hal ini disebabkan adanya pengaksesan energi illahi berlebihan akibat praktek Olah spiritual tsb. INILAH MENGAPA SAYA MENEKANKAN RUTIN SELFHEALING TIAP HARI BAGI PEMULA.



Pada dasarnya suatu amalan , praktek spiritual apapun selama tidak bertentangan dengan agama itu cocok bagi siapa saja, mengingat semua ilmu itu milik Allah. Menurut sesepuh yg berpengalaman, bahwa energi yg terserap baik terasa sejuk, dingin, hangat ataupun  panas tidak menimbulkan akan menimbulkan keluhan negative asal terakses dengan benar pada porsi yang tepat . Keluhan seperti itut erjadi karena persiapan wadag (tubuh eterik) kurang siap. Hal ini terjadi karena pelaku meditasi/dzikir  tidak bisa memprediksi power (energi illahi) yang terserap saat mediatasi/dzikir.

Sebenarnya rasa panas, pusing, gemetar atau yang lainya itu, akibat dari pembakaran energi negatif dalam tubuh eterik oleh energi ilahi secara besar-besaran dan terus menerus. Jika terjadi pembakaran yang berlebihan terus menerus bisa berakibat fatal. Bisa merusak syaraf-syaraf tubuh atau bahkan mampu membakar otak.

Dalam tradisi pembangkitan KUNDALINI, kasus seperti ini dinamakan KUNDALINI SYNDROM. Tradisi TAO menyebut energi YIN dan YANG tidak seimbang. Terlalu banyak menyerap energi YANG sehingga terjadi keluhan seperti di atas.

Untuk mengatasi keluhan semacam ini biasanya para praktisi Yoga/Tao melakukan teknik GROUNDING untuk menyerap energi dingin/YIN dari Bumi. Adapun Grounding di sini saya akan menyajikan beberapa variasi , simak ulasannya berikut ini :

A. Grounding denagn Teknik Meditasi, langkah :


  • 1. Duduk di kursi/bersila bagi yg duduk dikursi telapak kaki harus menyentuhlantai
    2. Pejamkan mata
    3. Punggung harus tegak lurus
    5. Gulung lidah ke atas menyentuh langit” mulut

  • 5. Bagi yg duduk di kursi posisi tangan mengelantung kebawah lurus di samping tubuh, kedua telapak tangan menghadap ke bawah/bumi, Bagi yg duduk bersila posisi tangan sama dg (a) atau bisa ditempel di lantai, minimal dengan menyentuhkan ujung” jari telunjuk ke lantai

  • 6. Hirup napas secara halus sebanyak 3 hitungan
    7. Tahan napas kemudian Kerutkan otot lingkar anus-tahan beberapa saat-kendurkan( maaf, seperti nahan kentut). Lakukan sebanyak 3x/5x/7x/9x.

  • 8.a. Bagi yang duduk di kursi Visualisasikan bahwa anda bernapas melalui telapak kaki dan telapak tangan. Tarik napas perlahan, tahan sebentar, keluarkan.

  • b. Bagi yang duduk bersila Visualisasikan bahwa anda bernapas melalui tulang ekor ( cakhra dasar ) dan telapak tangan. Tarik napas perlahan, tahan sebentar ,keluarkan.

  • 9. No 8.a dan b lakukan sampai anda merasa energi dingin (bumi/yin) masuk melalui gerbang energi/cakra di atas ( cakhra telapak kaki, tangan dan atau cakhra dasar )

  • 10. Jika energi sudah terasa menjalar ketubuh melalui cakra-cakra tersebut anda sudah boleh bernapas biasa tapi tetap vokus pada energi yang terserap/masuk ketubuh.

  • 11. Biarkan energi mengalir dengan sendirinya jangan diatur.
    12. Setelah anda sudah merasa cukup anda bisa mengakhiri meditasi ini.

B. Tehnik Grounding yang lebih simple
  1. Persiapkan diri, anda dapat duduk bersila atau duduk dibangku dengan tulang belakang tegak lurus tanpa memaksakan diri.
  2. Anda dapat menambahkan wangi-wangian, atau menggunakan air conditioner (AC) untuk menambah kenyamanan anda selama melakukan teknik ini (pada intinya pilih ruangan yang nyaman).
  3. Berdoalah menurut ajaran dan kepercayaan masing-masing.
  4. Lakukan afirmasi berikut ini : “Mulai sekarang bersihkan seluruh eterik-eterik negatif, pikiran negatif, emosi negatif dan energi negatif dari tubuh saya
  5. Lakukan teknik imaginasi : bayangkan terdapat sinar berwarna putih terang, masuk melalaui cakra mahkota menuju ke cakra jantung dan bayangkan sinar hijau masuk dari cakra dasar menuju ke cakra jantung ( imajinasi kedua sinar tersebut bersatu bercampur sehingga memancarkan sinar kehijauan keseluruh tubuh). Penyatuan sinar putih dengan sinar hijau tersebut menghasilkan sebuah pancaran sinar ke seluruh tubuh menyapu sinar-sinar yang berwarna kehitam-hitaman dan ke abu-abuan. Imaginasikan warna hitam / abu-abu yang disapu oleh sinar tersebut anda hempaskan menuju ke inti bumi. Anda juga dapat
  6. Lakukan Teknik kinestetik : pada saat proses penyatuan sinar putih dan hijau tersebut, rasakan benar-benar penyatuan sinar putih dan hijau tersebut (biasanya terdapat getaran atau rasa hangat didaerah cakra jantung anda), biarkan rasa hangat/getaran tersebut menyebar ke seluruh tubuh anda. Pada saat terdapat sinar hitam yang akan anda hempaskan ke inti bumi rasakan sebuah gesekan-gesekan yang pada akhirnya melegakan anda karena lama kelamaan gesekan tersebut hilang seiring dengan hempasan warna hitam tersebut ke inti Bumi.
  7. Pertahankan posisi Hening : Posisi hening dapat anda rasakan sesaat setelah seluruh sinar-sinar hitam dalam tubuh anda, telah hilang dan digantikan dengan sinar kehijauan yang menyelimuti seluruh tubuh anda. Lakukan sebuah proses self empowerment dengan cara berafirmasi positif seperti ” Hari ini saat ini saya adalah makhluk Tuhan yang selalu sehat dan nyaman”
  8. Setelah anda telah merasa cukup untuk menikmati posisi hening ini, maka anda dapat mengakhiri grounding ini dengan berdoa menurut ajaran dan kepercayaan anda masing-masing.
Teknik Grounding ini dapat anda lakukan setiap hari, teknik ini bermanfaat untuk menetralisasi pikiran negatif, energi negatif, dll. Teknik ini dikenal dalam Reiki karena biasa dilakukan pada saat seseorang “tertular” energi negatif pada saat setelah seorang praktisi bersinggungan dengan seorang pasien (ber-energi negatif).

HAKEKAT GROUNDING

Dalam Reiki “Teknik Grounding”. ini dipercaya dapat menetralkan energi-energi negatif dalam tubuh manusia. Konon teknik ini sangat baik untuk dilakukan sesaat setelah praktisi Reiki menyelesaikan proses penyaluran energi Reiki, bahkan jika penyalur energi “tertular” eterik negatif maka teknik grounding ini merupakan solusi handal untuk menetralkan eterik-eterik negatif tersebut, sehingga tubuh eteral manusia menjadi bersih kembali. Nah, sepertinya seru khaan?

Terkadang cara grounding ini lebih dijadikan sebuah ritual ketimbang teknik yang dahsyat, lhoo mengapa ? ya karena kebanyakan dari praktisi Reiki belum dapat memahaminya secara komprehensif alias holistik, walah-walah maksudnya??

Teknik grounding sebenarnya merupakan teknik visualisasi yang dilakukan guna menuju sebuah relaksasi yang dalam. Hal ini dimaksudkan agar seseorang yang sedang dalam keadaan negatif (baik pikiran, perbuatan,kecemasan, dll) dapat memprogram dirinya menjadi lebih baik.

Teknik visualisasi yang dilakukan pada saat Grounding Technique biasanya cenderung  menggabungkan antara: 1) unsur visual (imajinasi) dengan 2) unsur rasa (kinestetik) manusia, sehingga dapat memberikan sebuah self programming yang luar biasa yang digunakan untuk melakukan mind and body recovery ( perbaikan fungsi pikiran dan tubuh).

1) Unsur Visualisasi

Teknik visual yang dilakukan dapat berupa pembayangan antara keadaan sekarang dengan keadaan yang diharapkan ( present condition) dengan ( expected condition). Biasanya dapat membayangkan sebuah sinar atau warna tertentu. Warna yang biasa digunakan adalah warna yang menenangkan seperti hijau. Warna hijau dipercaya merupakan warna alamiah ( natural) yang berfungsi untuk mengembalikan seseorang kesuatu keadaan yang lebih baik alias tenang.

Sebagai contoh saat seseorang sedang merasakan kepenatan, maka dengan memandangi pepohonan, dedaunan, rerumputan, segala sesuatu yang hijau dipercaya dapat menghilangkan kepenatan tersebut. Nah, dari hasil penelitian yang berkenaan dengan pikiran dan otak maka saat kita memandang kesebuah pemandangan yang indah sebenarnya otak / pikiran kita tidak  membedakan mana yang kejadian memandang sebenarnya dengan mengingat / membayangkan sebuah pepohonan yang hijau.

Sehingga apabila Anda merasa penat, pusing, dll anda dapat memanjakan diri anda dengan melakukan relaksasi tanpa anda pergi berekrasi jauh ke Gunung, Danau maupun pantai sekalipun. Lho apakah bisa ? Ingat pikiran kita tidak membedakan pemandangan yang langsung kita lihat dengan hanya bersifat imajinasi, sehingga teknik grounding dalam Reiki berfungsi untuk merilekskan seluruh bagian tubuh guna dapat mengembalikan fungsi-fungsi tubuh ke kondisi yang terbaik.

2) Unsur Rasa (Kinestetik)

Nah, selain visualisasi ada juga unsur rasa (kinestetik) yang memang harus diberdayakan dalam teknik grounding. Hal ini dikarenakan berimaginasi tanpa mengikutkan perasaan merupakan hal yang sia-sia, lho mengapa begitu? penjelasannya seperti pada saat seseorang pergi berekreasi jauh ke sebuah tempat rekreasi namun dikarenakan pikirannya masih banyak terbebani dengan pekerjaan, dll maka malahan dapat menyebabkan timbulnya stress, dll.

Saat seseorang melakukan teknik grounding, maka ia harus dapat mengontrol perasaannya menuju kesebuah perasaan yang lebih baik. Ingat, kenyamanan dan ketenangan seseorang sebenarnya terletak pada keyakinan (beliefsystem) yang ada pada diri manusia tersebut.

Dengan penggabungan antara visual, dengan kinestetik tersebut maka alhasil terjadilah sebuah sinkronisasi yang seimbang sehingga dapat membawa seseorang menuju kearah yang lebih baik. Inilah sekelumit penjelasan dari sebuah hakekat terhadap teknik grounding yang jika dipahami secara holistik dapat bermanfaat kesetiap aspek kehidupan kita semua

C. TEHNIK GROUNDING ALA SATTVIKAMEDITASI

Tehnik Grounding yang praktisefektif dan efisian Ala Sattvika Meditasi :

  • 1. Niatkan  “ Bismillah bi idznillah, Sattvika meditasi Terhubung dengan energy bumi, Grouding Aktif , terjadilah! “

  • 2. Pejamkan mata, Atur nafas sejenak, sentuhkan ujung" jari telunjuk ke lantai, mengheningkan cipta sambil membaca Sholawat thibbil qulub/sholawat syifa sebanyak 11x, membacanya boleh sambil jahar, sirrri, dalam hati. up to you ajah menurut kenyamananmasing"

    “Allohumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dhawaa ihaa wa ‘aafiyatil abdhaani wa syifa ihaa wa nuuril abshoori wa dhliyaa ihaa wa ‘alaa aa-lihi wa shokhbihii wa shalim”

  • 3. Pertahankan posisi hening untuk minimal 5 manit, sambil menikmati proses Grounding berlangsung. Jgn ada niat lain selain merasakan, bahkan jangan menvisualkan / membayangkan warna” energy apapun biarkan Allah yg Mengaturnya yg terbaik dan cocok untuk diri kita saat itu. biarkan energy berproses dg sendirinya.

Sholawat ini berfungsi utk penyembuhan dan menetralisir energi yang berhawa panas, sebagai energi balance , penyeimbang Yin dan yangdalam tubuh.

Apabila belum hafal sholawat tsb di atas, sementara bisa juga dg sholawat yg lain, krn energi semua sholawat adalah menyeimbangkan ( ngeground, balance ) bersifat Yin, sejuk s.d dingin,itu sebabnya para pengamal sholawat rata" orangnya simpatik & menarik, krn sllu ngeground, balance dg linkungan, merakyat bhs sosialnya, selaras dg alam ( cool bhs kerennya ) sperti akqyu ini hehhee ,

klo ada pengamal sholawat yg panasan ati, hehehe mohon maaf mungkin ada yg krg tepat dlm mengamalkannya. uhuy ...  ini sesuai dg Prinsip Nabi MUhammad yg Di utus ke bumi sbg Rahmatan lil 'alamin. klo kata simbah Syahadat Langit itu syahadat Tauhid, Laa ilaaha illallah. syahadat bumi itu Syahadat Rosul MUhammad Rosulullah, dan sholawat adalah Balance nya.

SILAHKAN DONLOD MP3 INI, UNTUK MEMPERMUDAH LATIHAN
DISINI

# Salam sehat sukses dan bahagia untuk anda dan untuk kita semua. Aamin 
 
 
 Oleh Kyai Jamas
 
 

0 komentar:

Posting Komentar