INTI PADMA

Icon INTI PADMA
SANGGAR
SATTVIKA MEDITASI

Entri Populer

CONTACT

Telepon Call
TELEPHONE & SMS
Hp : 0857-2877-5740 ( m3 ) Hp : 0852-0042-3557 ( AS )

Blackberry Toko Online
BLACKBERRY
7D603818

Icon WhatsApp
WhatsApp
No: 0857-2877-5740

DONASI


a/n Ahmad sodik
No: 422-100-320-3267

Anda pengunjung ke

Translate

Minggu

Guru Sejati

 (Dalam Tasawuf Jawa)


Dalam Tasawuf Jawa dijelaskan bahwa guru manusia itu adalah bersifat perantara untuk menuntun sang murid agar ketemu dengan guru sejatinya masing-masing. Guru Sejati adalah proyeksi dari rahsa(rasa/sirr) yang sumbernya adalah kehendak Tuhan; terminologi Jawa menyebutnya sebagai Rasa Sejati. Dengan kata lain rasa sejati sebagai proyeksi atas “rahsaning” Tuhan (sirrullah).

Sukma sejati atau dalam terminologi Arab disebut ruh al quds, dalam bahasa tasawufnya disebut sebagai an-nafs al-muthmainah, adalah sebagai “penasihat spiritual” bagi jiwa. Setiap Jiwa manusia perlu di dampingi oleh Guru Sejati karena ia dapat dikalahkan oleh nafsu yang berasal dari jasad (Raga dan Hawa Nafsu) manusia. Dalam Jiwa ini terjadi pertempuran tiap hari antara Hati Nurani dan hawa Nafsu.
Menurut ngelmu Kejawen, ilmu seseorang dikatakan sudah mencapai puncaknya apabila sudah bisa menemui wujud Guru Sejati. Guru Sejati benar-benar bisa mewujud dalam bentuk “halus”, wujudnya mirip dengan diri kita sendiri. Mungkin sebagian pembaca yang budiman ada yang secara sengaja atau tidak pernah menyaksikan, berdialog, atau sekedar melihat diri sendiri, seperti melihat cermin. Itulah Guru Sejati anda. Guru Sejati memiliki sifat-sifat pancaran dari Cahaya Tuhan, maka segala nasehatnya akan tepat dan benar adanya.
Jika sang murid sudah bisa ketemu dengan sejatinya sendiri atau guru sejati, maka tugas guru manusia (dhohir) berikutnya hanya memantau agar sang murid bisa istiqomah dan bersatu dan manunggal dengan guru sejatinya. Oleh karena itu dalam tasawuf jawa sebelum meditasi tidak ada tawasul atau kirim fateha kepada para guru-guru sebelumnya. Karena dalam pandangan mereka hakekat guru sejati itu ada dalam diri setiap manusia.
Oleh sebab itu bagi yang dapat bertemu Guru Sejati, saran dan nasehatnya layak diikuti. Bagi yang belum bisa bertemu Guru Sejati, anda jangan pesimis, sebab Guru Sejati akan selalu mengirim pesan-pesan berupa sinyal dan getaran melalui Hati Nurani anda. Maka anda dapat mencermati suara hati nurani anda sendiri untuk memperoleh petunjuk penting bagi permasalahan yang anda hadapi.
Suatu hari ada orang datang ke rumah dengan membawa beras, ketika saya terima tangan saya terasa panas, gurusejati (sejatidiri) berkata, “beras itu hasil dari cara haram”. Lalu saya berpesan kepada ibu saya, agar beras ini jangan dimasak, karena dari cara haram, ibu saya tidak percaya, lalu bertanya langsung kepada yang memberi beras, ternyata beras tersebut berasal dari menang judi Pilkades.
Pernah juga ada orang datang mintak tolong katanya anaknya di rumah kerasukan Jin sudah satu bulan tidak sembuh, Guru sejati (hati Nurani) berkata, “ Jangan pergi, anak itu tidak kena Jin, tapi sakit typus, habis ini takdirnya mati”. Sayapun menjelaskan kepada orng tuanya kalau anaknaya tidak kena Jin, dia masih tetap tidak percaya. Lalu saya berkata, “saya tidak bisa menolong, ini sudah terlambat, anakmu sakit typus, harus ke rumah sakit.” Satu jam kemudian anak tersebut meninggal dunia. Masih banyak lagi kisah-kisah yang saya alami berkaitan dengan nasehat dan bimbingan guru sejati.
Kenapa kalau sudah menemukan jadi diri dianggap aman dalam perjalanan spritual? Karena itu adalah dasar dalam makrifat kepada Allah, jika sudah berhasil menemukan jati diri, maka gurunya sudah bukan manusia lagi, melainkan guru sejati yang ada pada diri sendiri. Dalam istilah jawa disebutkan Guru Sejati Dumunung Ono Ing Telenging Ati, artinya guru yang akan kita tanya ataupun yang akan selalu mengingatkan kita adalah hati kita sendiri yang sudah kita kenali.
Bagaimana caranya guru sejati mengingatkan atau menjawab pertanyaan kita? Inilah misteri yang paling dicari dan paling dibutuhkan oleh semua orang. Guru sejati adalah roh yang memiliki wujud (tajalli) dan bisa diajak berdialog dengan kita, tidak bisa diajak dialog oleh orang lain, wajahnya juga seperti kita, yang bisa menemuinya hanya kita sendiri.
Nasehat dan suara guru sejati itu berasal dari hat nurani, dipancarkan ke atas di dada bisa di dengar oleh telinga atau dipancarkan ke atas di otak untuk diproyeksikan jadi sebuah gambar atau tulisan. Dalam tasawuf jawa dikenal dengan istilah, Suoro tanpo rupo(suara tanpa ada wujud), tulisan tanpo papan (tulisan tanpa dipapan tulis). Jika kita mendengar suara itu tepat disebelah telinga kanan atau kiri, maka itu adalah suara Jin, atau khodam anda. Jika sudah mengalami sendiri, maka akan bisa bedakan antara suara guru sejati atau Jin dan hawa nafsu.
Nah, bagaimana agar kita bisa bertemu atau dibimbing oleh guru sejati...? kita harus bisa mengalahkan nafsu atau jiwa Ammarah, Aluwamah, Mulhimah dengan berbagi macam laku dan tirakat. Kebanyakan metode tasawuf Jawa tirakatnya banyak yang berat, misalkan puasa mutih, ngebleng (didalam kamar/ruangan), melekan (tidak tidur dimalam hari), ngrowot (makan dedaunan), topo pendem (dikubur Hidup-hidup) dll. Tujuannya adalah agar dominasi tubuh jadi lemah dan menderita, sehingga guru sejati kasihan dan mau keluar untuk menemuinya dan membimbing orangnya.
Sebagian dari mereka ketika ketemu dengan guru sejati (sejatidiri) menganggap sudah sempurna perjalanan spritualnya, sehingga mereka meninggalkan Sholat, karena menganggap sudah makrifat, padahal ketika seseorang ketemu dengan guru sejati itu masih tahap dasar makrifat dan masih panjang perjalanan berikutnya.
Cukup sekian pembahasan tentang guru sejati, Insya Allah lain kali saya akan menulis tentang sholat dengan guru sejati, sehingga antara syareat dan hekekat bisa bersatu padu.


by : Cahaya Gusti

3 komentar:

  1. Alhamdulillahhirobbil'alamin.... sy dapat pencerahan yg belum pernah saya dptkan seumurhidup...tapi dimanakah sy harus mendapatkan pembimbing untuk bisa sampai menemui guru sejati yg dimaksud....semoga Allah SWT memberikan saya salan ini...aminnn.

    BalasHapus
  2. A dua
    độc ác
    Ao nước
    bậc nhất
    Bạc đãi
    đình công
    đàm phán
    giới trẻ
    bao vây
    phải
    phong cách
    tiết lộ
    ngày nay
    mẫu mã
    bên cạnh
    ngoài
    bí quyết
    quên mất
    xếp đặt
    do vậy
    ăn bớt
    cồng kềnh
    bước ngoặt
    buôn bán
    người dùng
    các
    dòng
    căn bản
    xuất phát
    cần phải có
    chu đáo
    gắp
    khó khăn
    gắt
    chắc chắn
    chất liệu vải
    phân phối
    chi phí
    yếu tố
    chính hãng
    sắm
    chống thấm
    chú ý
    chú ý
    vận động
    chuyên dụng cho
    có mặt trên thị trường
    mang
    công nghệ
    công ty
    cộng
    liên hệ
    siêu
    mỉm cười
    cứu vãn
    đa dạng
    hầu hết
    toàn bộ
    đặc thù
    dại
    đam mê
    điệu bộ
    phá huỷ
    bệnh tật
    trước tiên
    đầy đủ
    tiết kiệm
    mang lại
    tới
    trẻ trung
    đi ra
    ưu thế
    điều tra
    đồ vật
    đơn thuần
    giới hạn
    sử dụng
    sử dụng
    êm êm
    fake
    gắn bó
    vừa qua
    gan dạ
    thân thiện
    thân mật
    gần
    gặp
    kíp
    nếu
    giảng nghĩa
    hạn chế
    hạn chế
    hài hòa
    tận tình
    hiện đại
    xuất sắc
    tương đối
    kém cạnh
    tầm thường
    rốt cục
    kết quả
    mở màn
    luận điểm
    khái quát
    tự dưng
    khi
    khiến cho
    không
    khuyến mãi
    khiếu nại
    lang thang
    làng mạc
    chỉ dẫn
    rét
    chệch choạng
    rì rào
    lợi ích
    thu hút
    lớn
    quái đản
    miêu tả
    sắm
    cầm
    khả năng
    nặng nề
    nấu

    ngạc nhiên
    nhãn hiệu
    nhanh chóng
    nhốn nháo
    sôi động
    nổi bật
    nổi danh
    oách
    ổn thỏa
    pha chế
    phải chăng
    phẳng lì
    phát triển thành
    phép tắc
    thích hợp
    PR
    qua loa
    sử dụng rộng rãi
    rách
    rườm rà
    rẻ rúng
    rõ rệt
    mênh mông
    tinh khiết
    sáng suốt
    sáng sủa
    quý phái
    thâm thúy
    hoảng sợ
    tái ngắt
    tai vạ
    bác tài
    tật nguyền
    tang chứng
    máy bay
    thoả thích
    lương y
    thừa thãi
    kế tiếp
    Dù vậy
    u ám
    ướt đẫm
    đụng phải
    van xin
    vắng ngắt
    vụn vặt
    xa cách
    lãng phí
    xâm chiếm
    xanh rì
    xấu xa
    van xin
    xong xuôi
    xu hướng
    ý định
    dựa dẫm
    áo quần
    giống hệt
    yên lặng
    mến
    yếu

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, mohon bimbingan praktis agar dapat bertemu dengan guru sejati

    BalasHapus